nusakini.com - Tak diperkuat sembilan penggawanya, Persib Bandung tetapi berhasil mengemas tiga poin setelah menumbangkan TIRA-Persikabo di Stadion Ngurah Rai, Sabtu (29/1) malam.

Pasukan Robert Rene Alberts melaporkan terpaan badai Covid-19 yang menimpa sembilan pemainnya. Mereka tak merilis siapa saja yang terinfeksi, tetapi nama-nama seperti Victor Igbonefo, Nick Kuipers, Marc Klok, hingga Ezra Walian absen dari skuad Persib.

Karenanya, Maung Bandung harus mengandalkan beberapa pemain pelapis, termasuk Kakang Rudiyanto. Bek 18 tahun yang menandai debutnya dengan gol di paruh pertama.

Persib membuka keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-22 lewat gol debut sang pemain muda Kakang!

Berawal dari skema tendangan penjuru, Frets Butuan menggiring bola dari sudut lapangan ke arah kotak penalti sebelum melancarkan sepakan keras ke arah Dicky Indrayana.

Dicky memang bisa menghalaunya, tetapi tepisannya bergerak ke arah Kakang yang langsung menyontek bola masuk ke gawang.

Pada menit ke-69, Kakang nyaris saja menggandakan torehan golnya dan keunggulan Persib, tetapi sundulannya dari skema sepak pojok masih melebar tipis di kanan gawang Persikabo.

Laskar Padjajaran sebenarnya mendapatkan beberapa peluang untuk menyamakan kedudukan, tetapi bek dan kiper Persib jatuh bangun untuk mencegahnya,

Ciro Alves memaksakan Teja Paku Alam melakukan penyelamatan apik di menit ke-83 pertandingan.

Striker asal Brasil itu melepaskan tembakan deras sembari memutar badan, tetapi Teja melakukan diving save untuk menjaga kemurnian gawangnya.

Pada akhirnya, Persikabo tak mampu menetralkan keadaan, dan Persib keluar sebagai pemenang.

Berkat hasil ini, Maung Bandung berhak menduduki peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 dengan torehan 43 poin, hanya terpaut satu angka dari Arema FC di puncak. (gi/om)